2011/11/10

Aku Buta!, tapi aku tak seperti mereka!

Bertepatan dengan hari pahlawan tepatnya pukul 08.00 WIb di sebuah pondok kecil namun memiliki pancaran aura kehidupan yang sangat luar biasa.



Kali ini mendapat amanah untuk menyampaikan secercah ilmu dan semoga bermanfaat bagi mereka.

Amin..insya Allah.



ketika melihat mereka dari kejauhan setelah lelah mengendarai motor(bayangin aje dari jl. HR.Mohammad menuju ke arah timur yakni jl. Arif rahmanhakim) byuh.tanganku kelothe'an jeh...*lebay.com mereka lugu, lucu tapi ada jg yang menggemaskan.he



tampak dari kejauhan secara fisik bagus tidak ada cacat, tapi kenapa ya kalau berjalan kok selalu bergandengan?, mbatin aku..

oo..iyo yo..donk..donk...aku kan berada di yayasan pendidikan anak-anak buta..*ket nyadar.

Ya Allah ya robb..sungguh ciptaan-Mu SEMPURNA!.

ya sempurna...meskipun mereka tidak mampu melihat indahnya dunia ini tapi Allah memberi karunia yang Suci yakni mata hati.

ya..mata hati..bukan mata yang secara dzohir biasanya kita lihat tapi mata yang berbeda.

.........................................................................................

kali ini saya akan membawakn sebuah lagu..lho kok nyanyi..bukan..bukan..



pada awalnya saya sangat bingung ketika dimintai tolong untuk menyuluh anak-anak tunanetra.

walahdalah..yen iso ndelok ngunu penak..iki ra iso e...penake materi opo yo...?*njeroh batenku ngedumel

mikir mulai isuk sampe bengi sampek isuk maneh..akhire metu ide..

konsul ndhisik wae nang bocah psikologi..

akhirnya dapat pencerahan.Alhamdulillah..



akhirnya muncul ide membawakan secuil materi tentang kesehatan Gigi dan mulut lebih khususnya tentang sikat gigi.

sebelum memulai pada acara inti saya memulai dengan beberapa permainan.

mulai dari 5 BISA! sampai permainan bunyi kentut.:)..alias dunm pretttt.

mereka tertawa lepas tanpa beban yang menyelimuti.

disela-sela canda tawa mereka saya mencoba menanyai satu persatu.

menanyaipun tidak mudah jika tidak tahu namanya.

kalau penyuluhan biasa dengan orang yang biasanya lhak mudah tinggal tunjuk adek yang itu lho yang baju pink..atau adek yang ini didepan saya...

lha iki...mosok tak coba pakai gaya yang seperti itu..lha sing ngerungokke bingung...

misal:

umie: adek yang paling belakang itu(pakai isyarat tunjuk)

Adik: iya kak.

lha cobak yen tuna netra

umie:adek yang paling belakang itu(pakai isyarat tunjuk)

Adik(TN): bingung ta'iye mb...tak oning(niru boso pulau sebelah..hehehe)...

akhirnya setiap saya mau melakukan tindakan, jangan sampai salah..ini audiensnya berbeda.

akhirnya muncullah tu itu ide lg..

setiap saya ingin komunikasi dengan audiens saya harus memegangnya*sorry moody mory akhi lan ukhty..bukannya apa..tenang saya pegang pundaknya kok (podo ae mie.tetep aje megang..semoga Allah mengampuni saya aminnn).

Umie: adek namanya siapa?

Adik: indra kak.

umie: cita-citanya pengen jadi apa?

Adik: Guru dan pemain musik

njeroh atiku: subhanallah.....dengan keterbatasannya mereka tidak mau kalah dengan kita2 ini kawan.mereka hafal not lagu..bisa mencet2 tuh keybord, bisa nabuh drum...nah lo..bisa maen gitar juga..gitar melodi jago mereka man!



ada satu lagi yang membuatku tekesan. adik yang satu ini berbeda dengan kebanyakan adik2 TN(red, tuna netra) yang lainnya.

namanya aspin.

Umie: adik cita-citanya jadi apa?

Aspin: jadi Pendeta!(dengan nada tinggi dan lantang)

waw luarbiasa...

dari hasil wawancara kebanyakan audiens adalah pengen jadi guru.

subhanallah..



nah ini saatnya materi.

tentang sikat gigi.

ketika di ajari sikat gigi gk mungkinlah mereka melihat slide ppt(jika saya buat ppt..untunge yo aku mikir titik lah rekk..heheh)

kami 1 team harus memegangi tangan mereka satu persatu untuk mengajarkan cara menyikat gigi karena mereka tidak bisa mendengar instruksi yang hanya bentuk ucapan..mereka bingung membayangkan kayak gimana tuh instruksi..melihat dunia aja ndak pernah..

ya Allah ya Rabb..

ciptaan-Mu ya Rabb...subhanallah..

jangan salahkan mereka kawan jika setelah makan mereka masih belepotan..

jangan salahkan mereka saudara jika mereka tidak ganti pembalut ketika menstruasi..

mereka bingung dan tidak mengerti..

warna darah saja mereka tidak tahu..

mereka tidak tahu bagaimana bentuk barang yang kotor..

mereka juga tidak tahu dzohirnya barang yang 'bau'..

mereka juga tidak tahu bagaimana bentuk manusia yang cantik yang ganteng..

Astaghfirullah..



beruntungnya mereka yang tidak pernah sedikitpun zina mata.

mereka punya hati..

punya kalbu..

dan itulah yang sering ,mereka dengarkan.

kalbu yang masih utuh dan murni selalu mengatakan yang BENAR.

sedang kita..wabilkhusus saya..

mata secara dzohir sehat..

bisa melihat warna dunia..

bisa melihat cowok ganteng *neh susahnya minta ampyuuunnnn untuk ghoudul bashor..astaghfirullah...

bisa melihat apapun dah.

tapi dengan bisa melihat apapun itu akhirnya kita tidak memiliki mata hati..

masih banyak orang-orang yang tidak buta tapi buta matahatinya..

karena dari 'mata' yang terlalu sering melihat kemaksiatan yang akhirnya membutakan matahati yang suci..

astaghfirullah..

semoga kita dikumpulkan dalam bejana orang-orang yang beruntuk dan dijauhkan dari orang-orang yang fasik. Amin.





Semoga bermanfaat Konco..meski tulisane ijih amburadooolll

buah mangga buah pepaya..

Simak Terus kisah selanjutnya..

:D

No comments:

Post a Comment